SK Kemenkumham No. AHU-0011620.AH.01.07.TAHUN 2019|perkumpulan.pkpsh@gmail.com

Semarang, pada tanggal 10 Desember 2019, memasuki hari ke-2 Diklat, masih berlangsung aman dan tertib, sebagaimana rangkaian kegiatan berjalan sesuai jadwal hingga selesai. Adapun mengawali kegiatan pagi hari ini untuk sesi 1 pukul 8-10 berlangsung penyampaian materi mengenai “Rekonstruksi Desa menuju Dynamic Governance” dari Dr. Agung, selaku Kepala Dispermades Kab. Batang, adapun intisari daripada materi ini memberikan pemahaman akan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bebas KKN. Setelahnya sesi 2, pukul 10-12, materi dari Letkol Kav Henry Rudy Judianto Napitupulu, S.sos M.pol, selaku Dandim 0736 Batang, penyampaian materi kali ini agak berbeda berhubung latar belakang militernya sehingga materi ini amat teknis mengenai penanaman karakter Nasionalisme (Wawasan Kebangsaan) bagi setiap Kepala Desa, hingga bagaimana cara pemimpin merespon ketika menghadapi kritik-kritik sosial dari LSM di lapangan.

Pasca Ishoma 1, adapun sudah menjadi tugas Binsuh untuk mengatur para peserta segera kembali memasuki ruang diklat, setelah ruang diklat telah terisi penuh, kegiatan sesi 3 (13-17) pun berlanjut dengan narasumber dari KH. Maulana Yusuf, SIP selaku Ketua DPRD Kab. Batang atau tidak asing lagi kita mengenalnya dengan sebutan Gus Yusuf, pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan materi mengenai “Kebijakan DPRD Terhadap Pemerintahan Desa”, tentunya materi yang amat sarat dengan nilai-nilai demokrasi, memang sudah seharusnya karena beliau berada di lembaga yang menjadi saluran aspirasi bagi masyarakat, menariknya materi ini tercermin dari antusiasme peserta dalam sesi tanya jawab, dari sesi ini ada berbagai macam pertanyaan maupun usul yakni adanya kunjungan kerja bagi Kepala Desa, anggaran bagi RT, perbaikan infrastruktur bemasalah dan sebagainya. Berbagai macam usul ini kelak akan menjadi pokok pikiran bagi legislator daerah untuk memaksimalkan fungsinya di bidang regulasi dan anggaran, tentunya semata-mata bertujuan demi peningkatan APBD. Belum lelah mengikuti sesi 3, memasuki sesi 4, narasumber kali ini tidak cukup hanya satu namun sekaligus 3 (tiga), ketiganya yakni Dr. Yuli, Dr. Dewi dan Dr. Rini, beliau bertiga merupakan akademisi sekaligus praktisi dari FH Univeristas Negeri terkemuka di kota ini yang sudah kita ketahui kepakarannya di bidang masing-masing baik melalui media cetak maupun online, dalam kesempatan kali ini, ketiganya menyampaikan materi pertanahan secara komplit dari ranah teori maupun praktik, serta konflik-konflik agraria yang terjadi di berbagai daerah, uniknya dari materi Bu. Dr Dewi dan Dr. Rini yakni membahas berbagai persoalan ini melalui pendekatan perempuan (feminism), dan nampak tak kalah menariknya dengan sesi sebelumnya, sebagaimana meluapnya energi yang tak terbendung bagi para peserta yang masih ingin melanjutkan forum diskusi ini hingga di luar ruang.

Hari memasuki malam, Ishoma 2 telah berakhir, para peserta kembali memasuki ruang diklat untuk melanjutkan materi sesi 5 (19-21), pada sesi ini adapun narasumbernya adalah Dr. Arif Hidayat, begawan hukum tata negara dan administrasi negara dari FH Universitas Negeri di Propinsi ini, berlatar belakang beliau yang sudah mumpuni di level nasional, tentunya modal ini menjadi penyemangat bagi peserta sekalian untuk menerima materi mengenai “Pembentukan Peraturan Desa (Perdes) Berbasis Demokrasi Partisipatoris”, materi yang amat bermanfaat bagi setiap kepala desa untuk bisa menangkap potensi daerahnya masing-masing tanpa mengabaikan legitimasi demokrasi masyarakatnya, demi menambah keluasan dari materi sebelumnya, demokrasi tak hanya sekedar proses pun harus sejahtera, materi berikutnya dari seorang lulusan S3 Universitas Kyoto Jepang yakni Bagus Pambudi, PhD. Adapun belian menyampaikan mengenai “Kunci Keberhasilan Pembangunan (Perbandingan dengan Jepang)”, materi ini begitu segar dalam alam pikiran kita saat ini dan kedepannya, bercermin dari Jepang yang telah sukses membangun perekonomian negaranya dengan inovasi, tentunya penting bagi setiap Desa untuk menciptakan inovasi-inovasi demi kemandirian dan kesejateraan desanya.

Bergabung Bersama Kami menjadi Partner Kami

2020-03-05T09:04:56+07:00

About the Author:

Menu Cepat

Jln. Randu Asri, Sumurrejo, Gunung Pati, Kota Semarang

Phone: +6281 228 35508

Web: Tentang Kami